TUGAS KULIAH LAPANGAN SILVY FAUZZIAH


TIPOLOGI BANGUNAN

NAKAGIN CAPSULE TOWER



NAMA : SILVY FAUZZIAH
KELAS : 3TB02
NPM : 27316051


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Tipologi merupakan salah satu elemen penting yang mendukung seorang arsitek untuk mendisain. Tipologi dapat dibagi menjadi tiga bagian / tipe secara garis besar. Yaitu Tipe Fungsi, Tipe Geometri dan Langgam. Dari Tipologi ini kita bisa mendapatkan tiga manfaat juga yaitu sebagai bahan referensi untuk mendisain, sebagai patokan pola bentuk dan juga sebagai bahan koreksi apakah yang kita rancang sudah sesuai dengan ukuran standar yang sudah ada.

Pengertian Tipologi Bangunan menurut Anthony Vidler Tipologi bangunan adalah sebuah studi/ penyelidikan tentang penggabungan elemen-elemen yang memungkinkan untuk mencapai/ mendapatkan klasifikasi organisme arsitektur melalui tipe-tipe. Klasifikasi mengindikasikan suatu perbuatan meringkas/ mengikhtiarkan, yaitu mengatur penanaman yang berbeda, yang masing-masing dapat diidentifikasikan, dan menyusun dalam kelas-kelas untuk mengidentifikasikan data umumnya dan memungkinkan membuat perbandingan-perbandingan pada kasus-kasus khusus. Klasifikasi tidak memperhatikan suatu tema pada suatu saat tertentu (rumah, kuil, dsb.) melainkan berurusan dengan contoh-contoh konkrit dari suatu tema tunggal dalam suatu periode atau masa yang terikat oleh kepermanenan dari karakteristik yang tetap/ konstan. 

Bangunan yang saya pilih yaitu salah satu karya arsitek Jepang (Kisho Kurokawa) dengan bangunannya yang cukup terkenal yaitu Nakagin Capsule Tower yang dibangun di Tokyo, Jepang. Kurokawa adalah salah satu arsitek yang mencetuskan suatu gerakan yang disebut dengan Metabolism Movement pada tahun 1960, yang para anggotanya disebut dengan Metabolist. Gerakan metabolism ini merupakan suatu gerakan yang menganut falsafah kuno Jepang, yaitu sederhana dan indah. Oleh karena itu Kurokawa sering disebut sebagai “The Father of Metabolism”.









B.  Rumusan Masalah

1.       Apa pengertian tipologi bangunan ?
2.       Apa gerakan metabolist ?
3.       Apa itu bangunan Nakagin Capsule Tower ?
4.       Apa desain dan konsturksi bangunan Nakagin Capsule Tower ?

C. Tujuan Masalah

1.      Mengetahui pengertian tipologi bangunan
2.      Mengetahui gerakan metabolist
3.      Mengetahui bangunan Nakagin Capsule Tower
4.      Mengetahui desain dan konstruksi bangunan Nakagin Capsule Tower



















BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Tipologi Bangunan
Definisi Tipologi bangunan :
Tipologi berasal dari dua suku kata yaitu Tipo yang berarti pengelompokan dan Logos yang mempunyai arti ilmu atau bidang keilmuan. Jadi Tipologi adalah ilmu yang mempelajari pengelompokan suatu benda dan makhluk secara umum. Berikut ini adalah beberapa pengertian Tipologi :
a.       Tipologi (dalam Arsitektur dan Perancangan Kota)
                                                              i.      Adalah klasifikasi taksonomi ( fisik ) karakteristik umum yang ditemukan pada bangunan dan tempat-tempat diperkotaan.
                                                            ii.      Tipologi adalah klasifikasi (biasanya berupa klasikasi fisik suatu bangunan) karakteristik umum ditemukan pada bangunan dan tempat-tempat perkotaan, menurut hubungan mereka dengan kategori yang berbeda, seperti intensitas pembangunan (dari alam atau pedesaan ke perkotaan) derajat, formalitas, dan sekolah pemikiran (misalnya, modernis atau tradisional). Karakteristik individu tersebut membentuk suatu pola. Kemudian pola tersebut berhubungan dengan elemen-elemen secara hirarkis di skala fisik (dari detail kecil untuk sistem yang besar).

b.      Tipologi secara Harfiah
                                                              i.      Tipologi adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang tipe. Tipologi arsitektur atau dalam hal ini tipologi bangunan erat kaitannya dengan suatu penelusuran elemen-elemen pembentuk suatu sistem objek bangunan atau arsitektural. Elemen-elemen tersebut merupakan organisme arsitektural terkecil yang berkaitan untuk mengidentifikasi tipologi dan untuk membentuk suatu sistem, elemen-elemen tersebut mengalami suatu proyek komposisi, baik penggabungan, pengurangan, stilirisasi bentuk dan sebagainya. 




2.1 Introduction


Lokasi   : Ginza, Tokyo, Jepang
Desain / Konstruksi    : 1970-1972
Luas Bangunan : 429.51m ²
Jumlah Total Luas Lantai : 3,091.23 m²


Kisho Kurokawa adalah seorang arsitek kelahiran Kanie, Aichi, Jepang. Ia belajar arsitektur di 2 universitas ternama di Jepang yaitu Universitas Kyoto dan Universitas Tokyo. Dengan para rekan kerjanya, ia mencetuskan suatu pergerakan arsitektur modern di Jepang yang dikenal dengan sebutan Metabolism Movement. Dalam perjalanan karirnya sebagai arsitek, Kurokawa telah menghasilkan beberapa karya arsitektur, Nakagin Capsule Tower merupakan salah satu karyanya yang spektakuler.
Nakagin Capsule Tower merupakan karya Kurokawa yang sangat inovatif, dimana ia menciptakan suatu bentuk yang belum ada sebelumnya berupa menara dengan 140 kamar dalam bentuk kapsul, menempel pada 2 buah core. Denah core dimana terdapat tangga, lift, dan saluran-saluran mekanikal-elektrikal, bujur sangkar dan kapsul-kapsul berbentuk kotak memenpel tegak lurus dengan jendela berbentuk lingkaran. Setiap kapsul berupa 1 unit kamar seperti container dimana perlengkapannya seperti kamar mandi, system audio, dan lain-lain yang terpasang menyatu didalamnya (built-in). Core mencuat meruncing keatas berwarna gelap kontras dengan kapsulnya yang berwarna cerah.



Bentuk, konstruksi, dan warna dapat menonjolkan dan memisahkan elemen-elemen dalam bangunan, masing-masing terlihat jelas dari luar karena tiap kapsul ditumpuk dan diarahkan ke berbagai sudut disekitar central core. Selain itu, secara keseluruhan ditampilkan bentuk yang sedang mengalami proses perubahan, pertumbuhan dan perkembangan, dimana setiap kapsul dapat dipasang pada core utama dan diganti atau ditukar jika diperlukan. Kurokawa mengambil prototype dari sustainable and recycleable architecture.
Teknologi yang dikembangkan oleh Kurokawa ini membuat setiap kapsul yang dipasang pada core dapat diganti. Ukuran tiap kapsulnya sendiri yaitu 4x2.5 m, yang nyaman untuk ditinggali oleh 1 orang. Ruang interiornya dapat dimanipulasi dengan mnghubungkan kapsul yang satu dengan yang lainnya.


 
Nakagin Capsule Tower telah terdaftar sebagai warisan arsitektur oleh DoCoMoMo sejak tahun 2006. Karena kurangnya pemeliharaan, bagian interior dan eksterior nya tidak seperti keadaan awal atau dapat dikatakan tidak terlalu baik. Selaim itu ada beberapa kekhawatiran warga tentang material dari bangunan ini. Masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan dari asbes, yang  digunakan pada kapsul serta kemampuan bangunan untuk menahan gempa. Dalam situasi seperti itu, asosiasi warga di sekitar Nakagin Capsule Tower lebih memilih untuk mengganti bangunan ini menjadi bangunan yang baru dibandingkan dengan menjalankan kampanye popular yang diluncurkan oleh Kurokawa untuk tetap menjaga bangunan ini.
Upaya Kurokawa untuk menyelamatkan bangunan ini dimaksudkan untuk menambah minat baru dalam mempelajari gerakan avant-garde. Selain hal tersebut, faktor lain yang dapat dipertimbangkan untuk tetap menjaga bangunan ini adalah dengan melihat bahwa bangunan ini adalah bagian penting dari sejarah arsitektur modern, serta membangkitkan apresiasi terhadap konsep desain futuristic dan bentuk yang dinamis. Secara khusus, isu utama tentang Nakagin Capsule Tower adalah sebuah dilemma antara pembangunan arsitetural dan konservasi dalam konteks urbanisasi di Jepang.



2.2 Gerakan Metabolist
Gerakan Metabolist diluncurkan pada tahun 1960, ketika sekelompok arsitek muda dan desainer menerbitkan Manifesto radikal metabolis mereka: “The Proposal for New Urbanism”  di Desain Konferensi  Dunia di Tokyo.
Selain Kurokawa dan Kikutake, yang termasuk dalam anggota pendirnya yaitu  arsitek Masato Otaka dan Fumihiko Maki, kritikus arsitektur Noboru Kawazoe, desainer industri Ekuan Kenji, dan desainer grafis Kiyoshi Awazu. Nama kelompok, metabolisme, menunjukkan gagasan kota dibagi di antara arsitek dan desainer - sebuah gagasan biotechnical "kota sebagai proses organik" yang berdiri bertentangan dengan paradigma desain kota modern. Dalam proyek-proyek perkotaan teoritis mereka, Metabolists sering membayangkan laut dan langit sebagai habitat manusia dari masa depan, dan mengusulkan bahwa kota akan tumbuh, berubah, dan mati dengan cara seperti mahluk hidup. 
 
Dalam rangka mengakomodasi pertumbuhan dan regenerasi kota modern, mereka membangun sistem untuk membedakan desain perkotaan dengan unsur skala yang berbeda dan jangka waktu, yaitu, "unsur permanen" seperti infrastruktur perkotaan versus "elemen transient" seperti rumah-rumah individu. Menanggapi hal yang berbeda terhadap “siklus metabolic” di perkotaan, desain metabolist yang sering ditandai oleh kombinasi dari megastruktur, ditata sebagai elemen dasar permanen, dan berbagai unit individu melekat pada megastructure dan lebih sering mengalami pergantian. Misalnya pada karya Kikutake Marine yang memiliki banyak fitur unit rumah standar terpotong pada silinder Ferroconcrete yang sebagian besar menara. Menara berfungsi sebagai struktur utama kota yang akan tumbuh yang diibaratkan sebagai penduduk yang meningkat, dan kehidupan individu akan melakukan pembaruan diri secara berkala. Kombinasi semacam megastruktur dan sel, sebagai representasi dramatis konsep Metabolist yang menjadi merek dagang arsitektur mereka.

Kurokawa mulai mengeksplorasi Capsule Tower ini pada 1970 di World Exposition Osaka melalui desain Takara Beautilion yang menjadi salah satu fantasi arsitektur paling sukses pada expo tersebut. Bangunan ini terdiri dari 3 dimensi, kerangka terdiri dari pipa baja, dan sejumlah kapsul kubik prefabrikasi yang dibalut stainless steel yang dipasang pada rangka konektor. Kerangka berakhir pada sendi yang dibuka, memberikan sebuah bangunan siluet yang tidak biasa. Kurokawa menggunakan teknologi yang memungkinkan perakitan instan dari struktur dan instalasi kapsul.



2.3 Desain dan Konstruksi


Takara Beautilion, serta sebagian besar struktur lainnya di Osaka Expo, dihancurkan setelah eksposisi berakhir dalam enam bulan. Torizo ​​Watanabe, presiden real estate perusahaan Nakagin Co, mengunjungi Osaka Expo dan begitu terkesan dengan Takara Beautilion sehingga ia memutuskan untuk mempertahankan arsiteknya untuk merancang kapsul lain bangunan, untuk dijadikan bangunan permanen. Pembangunan ini dimaksudkan bukan sebagai kondominium konvensional melainkan bentuk baru kerja / ruang hidup bagi penduduk kota.

Sebuah kebijakan tertentu yang dilaksanakan untuk menargetkan pemilik usaha kecil atau menengah dan karyawan tingkat tinggi, yang sudah memiliki rumah atau apartemen dan mencari ruang di pusat kota Tokyo sebagai studio atau untuk bermalam sesekali tinggal. Kurokawa juga mengklaim bahwa: "The Kapsul adalah perumahan untuk movens homo: orang yang hidup berpindah-pindah. Sehingga muncul desain  "Nomaden perkotaan" dan meningkatnya mobilitas karakterisasi sebuah kota pasca-industri. Lokasi Nakagin yaitu di pusat bisnis yang ramai sehingga  membuatnya cocok untuk tujuan ini.

Gagasan ketidakkekalan dan moveability berasal dari konsep metabolisme yang  dipengaruhi setiap langkah dari desain dan konstruksi dari Nakagin Capsule Tower.  Menurut "siklus metabolik," Kurokawa membagi bangunannya  menjadi tiga komponen dasar: struktur permanen (dua Ferroconcrete shaft), elemen bergerak (144 kapsul), dan Jasa (utilitas). Mereka dirancang berdasarkan rentang hidup yang berbeda. Kurokawa membayangkan bahwa poros utama akan berlangsung setidaknya enam puluh tahun, sedangkan kapsul yang dapat mengalami penggantian antara  25-35 tahun. Dia mencatat bahwa masa hidup kapsul itu bukan mekanik satu, melainkan satu sosial, menyiratkan bahwa itu adalah perubahan kebutuhan manusia dan hubungan sosial yang mengharuskan replacement. Menara, mengandung sirkulasi dan ruang, tidak terhubung satu sama lain melalui jembatan luar ruangan setiap tiga lantai dan berfungsi sebagai vertikal "tanah buatan," di mana kapsul akan dipasang. Utilitas pipa selanjutnya melekat pada kapsul bagian luar. Menara naik ke ketinggian yang berbeda dan kapsul disusun dalam acak.



BAB III
ANALISIS

Nagakin Capsule Tower yang didesain oleh kurokawa merupakan salah satu karya arsitektur pada masa post modern. Kurokawa dapat disebut sebagai salah satu pelopor dari gerakan arsitektur ini. Ia lebih dikenal dengan nama “the father of metabolism”, ia memiliki suatu komunitas arsitektur yang bergerak pada bidang arsitektur metabolist yang membuat mereka memiliki pemikiran tentang arsitektur yang selalu memiliki sirkulasi sama seperti halnya metabolism pada kehidupan.

Tema dari “kesementaraan” Nagakin Capsule Tower ini didasari atas apa yang Kurokawa amati sepanjang sejarah Jepang, dimana kota-kota di Jepang dibangun dari bahan-bahan alami yang memiliki rentang hidup sementara. Metabolism menjadi sebuah analogi biologis, ditujukan untuk mengganti analogi mekanis dalam arsitektur modern sebelumnya yang memisahkan secara fungsional, arti kiasan dari mesin, bentuk-bentuk geometris yang kaku. Metabolism membandingkan bangunan dan kota-kota sebagai suatu proses energy didapatkan dalam segala bentuk kehidupan. Hal ini merupakan siklus dari perubahan dan pembaharuan, dan perusakan dari jaringan organic. Perubahan tanpa henti merupakan mula dan gagasan reinkarnasi pada akhirnya.


BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Pada dasarnya setiap arsitek memiliki cara dan style sendiri dalam membuat sebuah karya arsitektur. Sebuah karya arsitektur tentu harus memiliki tema dan konsep yang memang mencerminkan para arsiteknya. Pencarian jati diri serta style dalam merancang perlu kita gali dengan cara kita misalnya dengan membaca pandangan arsitek tentang karya yang mereka buat.
Dengan melihat dan memahami proses dari penentuan dan transformasi dari tema, langgam dan konsep perencanaan dan perancangan arsitektur dari seorang arsitek yang telah melahirkan banyak karya arsitektur ternama kita dapat menjadi kritis terhadap suatu karya serta akan menjadi refleksi dari proses desain arsitektural itu sendiri sebagai kegiatan dengan tahapan aktivitas yang unik, dinamis, dan inovatif. Pada akhirnya, ini semua akan mendorong kemunculan calon arsitek yang sudah memiliki orientasi pada pembangunan kelompok profesi yang memili kikarakter dan identitas dalam berkarya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANGUNAN EKOLOGI KAMPUS DAHANA

DESAIN DAN KONSTRUKSI BANGUNAN NAKAGIN CAPSULE TOWER (SILVY FAUZZIAH-3TB02)

tugas arsitektur lingkungan (silvy fauziah)