tugas arsitektur lingkungan (silvy fauziah)

Rioglass Solar Production Plant Lokasi: Lena, Spain

>Pengertian Arsitektur Ekologi secara harfiah:

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari antara organisme dengan suatu lingkungan dan lainya.
Ekologi juga dapat diartikan sebagai Ilmu yang mempelajari interaksi antar makhluk hidup ataupun makhluk hidup dengan lingkungannya berada. Sedangkan Arsitektur adalah, suatu bentuk atau masa, atau juga tata ruang yang terencana secara fungsional yang direncanakan oleh arsitek serta disiplin ilmu lain yang terlibat di dalamnya, maka Eko Arisitektur adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tidak hanya bentuk masa bangunan, material, tata ruang ataupun nilai kearifan lokal yang ada, namun juga kepedulian kita sendiri terhadap bangunan tersebut, bagaimana kita mengartikan fungsi dari pada bangunan tersebut,bagaimana kita mengelolanya, dan bagaimana kita merawatnya.

Pengertian Arsitektur Ekologi secara umum:

Arsitektur ekologi merupakan perancangan arsitektur yang ekologis atau biasa disebut dengan arsitektur yang berwawasan lingkungan. Proses pendesainan dilakukan dengan pendekatan dengan alam, alam sebagai dasar dalam desain si arsitek. Proses pendekatan ini menggabungkan teknologi dengan alam. menggunakan alam sebagai basis design, strategi konservasi, perbaikan lingkungan, dan bisa diterapkan pada semua tingkatan dan skala untuk menghasilkan suatu bentuk bangunan, lansekap, permukiman dan kota yang revolusioner dengan menerapkan teknologi dalam perancangannya. Perwujudan dari desain ekologi arsitektur adalah bangunan yang berwawasan lingkungan yang sering disebut dengan green building.

manfaat eco building


pengaruh fisik bangun
-terhadap matahari
bangunan ini memanfaatkan tenaga matahari sebagai asupan untuk panel surya
-terhadap angin
bangunan ini menggunakan banyak sirkulasi sehingga sirkulasi pada bangunan ini bagus

vegetasi atau tanaman yang di pakai
-menggunakan tanaman vertikal yang digatung didinding untuk salah satu elemen estetis yang menambah keindahan untuk penghijauan

pengolahan sampah atau limbah
-Limbah akan diminimalisir melalui penggunaan bahan tahan lama serta sistem daur ulang. Ini akan membuat limbah lebih sedikit. 

material yang dipakai
-Pabrik Rioglass termasuk pabrik tradisional karena menggunakan panel beton, tetapi memiliki skyline “dimodifikasi” di mana ia menggantikan panel sandwich biasa (semen dan wafer batu diisi dengan isolasi) dengan kaca. Panel kaca dibuat dengan bingkai baja diproduksi di bengkel untuk menghemat biaya, dan gelas itu sendiri terbuat dari sutra dicetak kaca yang dikeraskan, dengan warna-warna yang dipilih bertepatan dengan warna pemandangan di mana pabrik berada.


Image result for Rioglass Solar Production Plant Lokasi: Lena, Spain 
Image result for Rioglass Solar Production Plant Lokasi: Lena, Spain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DESAIN DAN KONSTRUKSI BANGUNAN NAKAGIN CAPSULE TOWER (SILVY FAUZZIAH-3TB02)

BANGUNAN EKOLOGI KAMPUS DAHANA