tugas arsitektur lingkungan (silvy fauzziah )

EKOARSITEKTUR 
 
 EDITT Tower karya Ken Yeang di Singapura


Ekologi adalah ilmu yang mempelajari imteraksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu"). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya.
Ekologi dan Arsitektur
Berdasarkan pengertian diatas, maka hubungan antara ekologi dan arsitektur yaitu arsitektur adalah ilmu yang mempelajari tentang bangunan serta memperhatikan manusia didalamnya dan lingkungan disekitarnya. Oleh karena itu dalam pembangunan sebuah bangunan harus memperhatikan hubungan timbale balik antar lingkungan dan alam sekitar dengan kehiduan  manusia didalamnya.
Contoh bangunan yang menerapkan bangunan eko-arsitektur
EDITT Tower karya Ken Yeang di Singapura adalah sebuah contoh lain dari bangunan yang menerapkan konsep sustainable architecture dengan sangat komprehensif. Gedung berlantai 56 ini akan menggunakan bahan-bahan yang dapat di daur ulang, sedangkan luas lahan yang mencapai 855 meter persegi akan digunakan untuk meletakan panel surya yang akan memenuhi sekitar 40% dari total kebutuhan energi bangunan tersebut. Tidak sampai disitu, bangunan ini juga akan memanfaatkan “limbah” manusia menjadi biogas.

Separuh bangunan ini dibalut dengan berbagai macam tanaman organik yang system pengairannya menggunakan teknologi “Rain Water Harvesting”. Sistem yang menampung air hujan yang kemudian akan digunakan untuk pengairan tanaman tersebut. Keberadaan tanaman juga mampu menekan kebutuhan energi bagi bangunan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DESAIN DAN KONSTRUKSI BANGUNAN NAKAGIN CAPSULE TOWER (SILVY FAUZZIAH-3TB02)

BANGUNAN EKOLOGI KAMPUS DAHANA

tugas arsitektur lingkungan (silvy fauziah)